Lesson Learned


Kit yg dipakai :
SD Neo Zeong

Primer Yg dipakai :Primer Anaheim
Primer Mr color

Thinner yg dipakai :
Anaheim
Cobra
Gaia


Cat Yg di pakai
Anaheim
Gaia


PERCOBAAN PERTAMA :

Primer :

Primer Anaheim + Thinner Cobra + Thinner Anaheim
       - Semuanya sudah tercampur semua dan berumur 3 bulan lebih)
       - Mixing nya Primer Anaheim + Primer Cobra, Primer Anaheim + Thinner anaheim (sisaan yg lama), baru kemudian dicampur semua, males ngaduk dikit-dikit, hee)

Cat Biru :
1. Cobalt Blue Gaia (thinner Gaia) + White Anaheim (Thinner Anaheim).
2. Ketika cat biru mulai diaplikasikan, awalnya biasa saja, tapi setelah kering warna dasar merah kelihatan seperti memudar,  dan di beberapa bagian warna nya jadi belang seperti tidak rata (tapi ketika di lapisi lagi merahnya hilang, tapi belangnya tidak malah berpindah-pindah).
3. Atas saran temen, saya coba aplikasikan top coat doff (Anaheim), dan ajaibnya belang  birunya hilang. ada yg tidak.





Cat Putih :
1. White Anaheim + Primer Anaheim
2. Ketika Cat Mulai di semprotkan 2 layer, warna dasar part keliatan (Merah), dicoba untuk dilapisi lagi dgn harapan merahnya bakal hilang, ternyata hasilnya tidak begitu memuaskan, bagian merahnya ada yg tertutup, ada yg merah malah bertambah/berpindah-pindah.
3. ditop coat flat dgn harapan bisa hilang seperti di bagian biru, ternyata tidak berhasil.
4. ketika langkah top coat tidak berhasil, maka saya mencoba untuk mengubah merk cat.

Cat Putih Bagian 2 :
5. Pure White Gaia + Thinner Gaia.
6. Cat Gaia langsung di semprotkan, pada lapisan sebelumnya, dgn harapan bisa hilang, setelah berlayer-layer, dan mencoba di topcoat flat hasilnya tetep sama, ada yg hilang, ada yg merahnya tetap ada, tidak mau  hilang.

KESIMPULAN :

1. Primer nya terlalu tipis, mengingat  part merah mau di rubah putih, dan dgn berat hati harus dihapus ulang.
2. Faktor Cuaca kemungkinan juga menjadi penentu, karena pengecatan di lakukan di bulan Febuari dimana curah hujan tinggi.




PERCOBAAN KEDUA :

Primer :
1. Kembali memakai primer pada percobaan pertama, dgn primer tebal dan tertutup sempurna.

Pengecatan :

1. Membeli cat anaheim yg baru, selain kehabisan warna putihnya, sekaligus untuk mencari tahu apa penyebabnya, dimana salahnya.
2. Benar-benar memperhatikan kondisi cuaca.
3. Ketika Cat putih Anaheim mulai di aplikasikan, hasilnya masih merah, seperti pada percobaan pertama
4. Pengecatan masih dilanjutkan dgn mengulang langkah 3 (top coat), kemudian putih anaheim lagi hasil nya sama.
5. Tanpa menghapus warna sebelumnya, part nya di semprot lagi dgn primer Mr Color Surfacer 1000 + Thinner Gaia. primer tebal dan tertutup sempurna.
6. Cat Anaheim mulai di aplikasikan, hasilnya sama, merahnya tetep terlihat.


7. Kembali melapisi part dgn Mr surfacer 1000, dan mencoba untuk mengganti cat dgn gaia pure white, hasilnya tetep sama.
8. Dengan berat hati, sangat berat, kembali menghapus untuk kedua kalinya. sekaligus untuk mencari tahu dan memastikan letak kesalahannya dimana.






KESIMPULAN :
1. Memastikan Bahwa Primer pada percobaan pertama sudah RUSAK, mengingat sudah tercampur terlalu lama dgn unsur kimia thinner cobra.
2. Kemungkinan terjadi reaksi kimia antara lapisan anaheim, thinner cobra, Mr surfacer 1000, cat dan thinner gaia. dimana hal ini sangat mengeherankan karena sebelumnya lancar saja.
3. Sebagai perbandingan ketika mengecat MG Buster, saya memakai Mr Surfacer 1000 sebagai dasarnya, dan cat anaheim dan gaia untuk finishingnya.
4. Ketika mengecat MG Blitz, saya memakai sebagian Primer Resin Mr Color + thinner Gaia (Bagian Armor), sebagian lagi Primer resin Mr Color + thinner Cobra (bagian Inner Frame). dan hasilnya Aman.


PERCOBAAN KETIGA :
1. Kali ini memakai Primer resin Mr color + Thinner gaia, dikarenakan primer Mr Surfacer 1000 lagi kehabisan.
2. Mengaplikasikan cat Gaia + Thiner gaia pada part, setelah 2 layer dan hasilnya aman, tidak ada lagi bagian merah yg memudar.
3. Mengaplikasikan cat anaheim + Thinner Anaheim, dan hasilnya ternyata bagian merahnya timbul setelah 2 layer pengaplikasian.



 KESIMPULAN :
1. Silahkan anda menyimpulkan sendiri apakah salah di cat atau salah di plastik bandai.
2. Sebagai pertimbangan ketika mengecat RG destiny saya mengalami hal yg sama, part merah di sayap dan pinggang akan di rubah ke putih, tapi bisa diatasi dgn dgn berlayer-layer-layer-layer cat dan top coat.
3. sebenernya masih ingin membuktikan letak kesalahannya dimana, tapi berhubung ini kit comm work dan bahan, waktu, emosi banyak terbuang, maka percobaan cukup sampai disini.
4. Tapi jika anda mau jadi sponsor, dgn menyediakan bahan mungkin saya akan berubah pikiran^^.





This entry was posted in